Mako dan BreadTalk, Kenapa Jadi Gabung?
BreadTalk resmi berganti nama menjadi MAKO. Meskipun belum berlaku di semua gerai, namun pergantian brand ini dilakukan secara bertahap. MAKO Cake and Bakery adalah brand resmi dari Johnny Andrean Group. BreadTalk adalah jaringan toko roti populer asal Singapura yang didirikan pada tahun 2000 oleh George Quek dan dibawa ke Indonesia oleh PT Talkindo Selaksa. Anugrah, perusahaan di bidang retail, Food & Beverages yng tergabung dalam Johnny Andrean Group.
![]() |
Salah satu gerai BreadTalk yang telah menjadi Mako. |
Pergantian ini dilakukan oleh pemilik franchise karena lisensi Breadtalk telah habis. Per November 2022, kontrak waralaba BreadTalk pun berhenti beroperasi. MAKO Cake and Bakery adalah brand resmi dari Johnny Andrean Group. Brand ini dimiliki oleh anak dari Johnny Andrean yakni Jessica Andrean yang berada di bawah naungan PT Mako Anugerah Kreasindo.
Ide gerai roti ini muncul kala Quek pulang dari perantauannya di Taiwan. Ia melihat ada banyak roti berkualitas tinggi di Jepang dan Taiwan. Quek lalu mengonsepkan gerai roti dengan dapur terbuka tanpa bahan pengawet bernama BreadTalk. Seiring berjalannya waktu, Quek sudah melakukan diversifikasi bisnis dengan Toast Box, Food Republic, Din Tai Fung, dan lain-lain.
Dilansir dari laman resminya, MAKO Cake and Bakery merupakan salah satu brand roti premium berkonsep Japanese boutique bakery yang menawarkan berbagai varian produk seperti roti, kue kering, dan kue buatan tangan. Kini, MAKO Cake & Bakery sendiri lebih berfokus untuk mempertahankan desain interior Jepang yang eksklusif dan luas serta warna yang terang dengan sentuhan kayu alami.
Membicarakan mengenai pegawai Mako dan BreadTalk, Pegawai MAKO disebut ada yang berasal dari bekas BreadTalk, ada juga yang direkrut baru. Itu artinya pegawai BreadTalk yang terdampak pergantian nama brand otomatis diperkerjakan di MAKO. Jadi tidak perlu khawatir dengan nasib pegawai yang lainnya, karena pegawai BreadTalk diotomatiskan menjadi pegawai Mako.
Gerai pertama Mako pun berada di Jalan Merdeka Citarum, Bandung. Disusul dengan hadir di Kudus City Walk, Bangka Trade Center Pangkal Pinang, Ramayana Plaza Andalas Padang, dan Plaza Metropolitan Tambun Bekasi. MAKO pun kini fokus memperluas jaringan dengan membuka cabang di berbagai kota di Indonesia terutama di pusat perbelanjaannya.
Selain itu, perusahaan ini pun mencatatkan rugi sebanyak 5,8 juta dolar singapura sepanjang 2019 dan mulai Maret 2020 pun mengurangi gaji pekerjanya. Media lokal menyebutkan pemotongan gaji ini berkisar dari 10% hingga 50% dari Maret hingga Juni 2020.
Gerai ini mulai masuk ke Indonesia pada Maret 2003 dengan inisiatif dari pebisnis Johnny Andrean. Gerai pertamanya berada di Mall Kelapa Gading, Jakarta, sebagai gerai kuliner pertamanya. Adapun Johnny mendesain inovasi berupa dapur terbuka, sehingga pengunjung bisa melihat proses produksi roti dan kue yang dijual.
Komentar
Posting Komentar